AS Harus Musnahkan Iran jika Saya Terbunuh


Jakarta, CNN Indonesia

Calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump, mendesak Amerika Serikat memusnahkan Iran jika dirinya tewas dibunuh.

Dalam unggahan di Truth Social pada Kamis (25/7), Trump mengatakan Washington harus melenyapkan Teheran “dari muka bumi” jika mereka benar-benar membunuhnya ketika ia menjadi presiden di masa depan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Jika dia membunuh Presiden Trump, di mana selalu mungkin terjadi, saya harap Amerika melenyapkan Iran, menghapusnya dari muka bumi,” kata Trump, seperti dikutip AFP, Kamis (25/7).

“Jika AS tidak melakukannya, para pemimpin Amerika akan dianggap sebagai pengecut yang tak punya keberanian,” lanjut dia.

Trump melontarkan pernyataan tersebut bersamaan dengan video singkat Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang mengungkapkan dugaan rencana Iran terhadap Trump dalam pidatonya di hadapan Kongres AS. Netanyahu membawakan pidato tersebut pada Rabu (24/7) malam.

Sebelum ini, sejumlah media AS juga melaporkan pada pekan lalu bahwa Secret Service telah meningkatkan keamanan untuk Trump usai pihak berwenang mengetahui plan Iran untuk membunuh sang mantan presiden.

Meski begitu, Iran tak disebut terlibat dalam insiden penembakan Trump di Pennsylvania pada 13 Juli lalu. Insiden itu dilakukan oleh remaja 20 tahun, Thomas Matthew Crooks, yang hingga kini belum diketahui motifnya.

Hubungan antara AS dan Iran telah lama menegang dan mencapai titik puncaknya ketika Teheran berusaha membalas dendam atas pembunuhan komandan Garda Revolusi Qasem Soleimani pada 2020 atas perintah Trump.

Dewan Keamanan Nasional AS menyatakan sejak saat itu, pihaknya telah melacak ancaman Iran terhadap Trump “selama bertahun-tahun.”

(blq/rds)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA