Problem Indonesia Jelang Lawan Malaysia di Semifinal Piala AFF U-19


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia U-19 yang akan melakoni laga semifinal Piala AFF U-19 2024 melawan Malaysia, Sabtu (27/7), dinilai memiliki sejumlah problem.

Menurut pengamat sepak bola nasional Mohamad Kusnaeni, permainan Indonesia U-19 belum begitu solid. Kolektivitas permainan tim asuhan Indra Sjafri ini belum terjalin dengan baik.

Strategi permainan atau game plan yang dirancang Indra terlihat belum optimal. Malahan, pemain pelapis yang tampil di laga ketiga lawan Timor Leste bisa menjalankan ini dengan lebih baik.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sejujurnya, problem yang dihadapi coach Indra ini game plan belum bisa berjalan dengan baik. Di pertandingan pertama dan kedua, dengan skuad terbaik, game plan malah nggak jalan,” kata Kusnaeni.

“Di pertandingan ketiga, saat ada banyak pemain pelapis, ada pergantian tujuh pemain, tetapi mainnya lebih cair, lebih jalan. Memang ada beberapa detail yang belum maksimal.”

Saat menang 6-2 dari Timor Leste, serangan dari sayap terbangun dengan baik. Para pemain terlihat lebih berani dan nyaman membangun serangan dibanding dua laga sebelumnya.

“Serangan dari sayap diakhiri dengan menusuk dan cut back, dengan umpan tarik, itu berjalan dengan baik di beberapa kesempatan. Bek-bek kita juga cukup agresif. Cuma crossing belum maksimal.”

“Saya melihatnya dari sisi teknis, pemain yang tampil di laga terakhir lebih bisa menjalankan game plan. Mungkin karena tekanan dianggap sebagai kandidat juara,” ucap Kusnaeni.

Karena itu Kusnaeni berharap para pemain yang dipilih Indra untuk melawan Malaysia, bisa tampil lebih tenang. Jika itu terjadi, potensi pemain bisa lebih menonjol saat melawan Malaysia.

Pertandingan semifinal Piala AFF U-19 2024 akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Sabtu (27/7) malam. Laga ini akan dimulai pada pukul 19.30 WIB.

(abs/jal)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA