Kaesang Minta Relawan Tetap Kawal Gibran Usai Jokowi Lengser


Surakarta, CNN Indonesia

Ketua Umum PSI yang juga anak bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep meminta para relawan Jokowi mengawal kakaknya, Gibran Rakabuming Raka yang akan dilantik menjadi Wakil Presiden setelah Jokowi turun dari jabatannya.

Presiden Joko Widodo akan segera menyelesaikan masa tugasnya pada 20 Oktober 2024. 

Hal itu disampaikan Kaesang saat menyampaikan pidato politik di hadapan ribuan relawan Alap-alap Jokowi di De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (27/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya berharap Alap-alap Jokowi ini selalu setia mendampingi Pak Presiden sampai 20 Oktober nanti,” kata Kaesang.

“Ya jangan seterusnya. Habis ini kan ada Mas Wapres terpilih ya. Ngikut Pak Wapres habis itu,” lanjutnya.

Kaesang mengatakan Jokowi telah menjabat sebagai Presiden RI selama 10 tahun. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan menikmati masa pensiun dengan berkumpul bersama istri dan cucu-cucunya.

“Pak Presiden setelah tanggal 20 Oktober mungkin, mungkin ya, fokus ngurus cucu. Kan beliau setelah tanggal 20 Oktober jadi pengangguran,” kelakarnya.

Sebagai informasi, setelah penetapan presiden dan wakil presiden terpilih, KPU akan melanjutkan ke tahapan pelantikan. Sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Berdasarkan aturan tersebut, KPU dijadwalkan akan melakukan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Minggu, 20 Oktober 2024 mendatang. Pasangan terpilih akan melakukan pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden.

“Pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden: Minggu, 20 Oktober 2024,” demikian keterangan yang terlampir dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2024 yang ditetapkan oleh Ketua KPU saat itu, Hasyim Asy’ari, tertanggal 9 Juni 2022.

(syd/isn)

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA