Panglima TNI Tunjuk Mayjen Rafael Granada Baay Jadi Pangdam Jaya


Jakarta, CNN Indonesia

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menunjuk Mayjen Rafael Granada Baay menjadi Pangdam Jaya.

Perintah itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia tertanggal 24 Juli.

Rafael yang sebelumnya mengisi jabatan Pangdam V/Brawijaya menggantikan Mayjen Mohamad Hasan yang ditunjuk menjadi panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (pangkostrad).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara jabatan lama yang ditinggalkan Rafael digantikan Majen Rudy Saladin yang sebelumnya menjabat Sesmilpres Kemensesneg.

Mayjen Rafael merupakan lulusan Akademi Militer 1993. Dia berasal dari kecabangan Infanteri (Kopassus).

Panglima TNI melakukan mutasi terhadap 256 perwira tinggi (pati) di sejumlah jabatan strategis di lingkungan TNI.

Di antaranya Kasum TNI dijabat Letjen Richard Tampubolon yang menggantikan Letjen Bambang Ismawan. Bambang dimutasi sebagai Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Posisi yang ditinggalkan Richard sebelumnya, yakni Pangkogabwilhan III diisi Mayjen Bambang Trisnohadi yang sebelumnya menduduki posisi Pangdam IX/Udayana.

Kemudian, Mayjen Muhammmad Zamroni menjadi Pangdam IX/Udayana. Di mana Mayjen Zamroni sebelumnya adalah Danpussenkav.

Laksdya Dadi Hartanto dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AL dalam rangka pensiun. Posisi Irjen TNI digantikan Letjen Muhammad Saleh Mustafa yang sebelumnya menjabat Pangkostrad.

Untuk Kapuspen TNI dijabat Brigjen Hariyanto yang sebelumnya adalah Kasdam XVII/Cenderawasih. Mayjen Nugraha Gumilar dimutasi menjadi dosen tetap Unhan.

(tim/isn)

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA