Honda Serap Gairah Pembelian Mobil Baru di GIIAS 2024


Jakarta, CNN Indonesia

PT Honda Prospect Motor mengaku alami stagnasi booking phase untuk kendaraan baru pada ajang GIIAS 2024. Namun hal ini dianggap positif lantaran penjualan mobil baru secara nasional melemah pada Semester I 2024

“Kalau kita lihat pemesanan di sini dibandingkan periode yang sama tahun lalu hampir sama. Padahal kan market turun 15 persen ya sampai 14 persen lah,” kata Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Operation Director PT Honda Prospect Motor kepada wartawan, Kamis (25/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski begitu Billy melihat, traffic penjualan dan booking phase untuk mobil baru Honda secara nasional mengalami kenaikan hingga 15 persen dibandingkan bulan lalu yakni dari bulan Juni ke Juli.

“Kan kita lihat tiap bulan ini ada bandingkan atau enggak? Tapi kalau dilihat dari bulan lalu iya (naik) 15 sampai 10 persen di Jakarta karena ada motor show juga,” ucap dia.

Untuk itu Yusak menyimpulkan acara GIIAS 2024 ini cukup menggairahkan pasar otomotif khususnya kendaraan roda empat. Namun pihaknya berharap angkanya akan terus naik hingga hari terakhir penutupan.

“Kita harap memang terus bergairah sampai penutupan nanti. Semoga juga akan dilanjutkan di kota-kota besar lainnya di Pulau Jawa,” ujar Billy.

“Mungkin sekarang kalau dilihat banyak pemain yang masuk, customersudah melihat semua teknologi dan modelnya. Tinggal saatnya memilih, itu yang kami harapkan bisa tumbuh dengan adanya motor show sekarang ini,” imbuhnya.

Penjualan mobil secara nasional pada semester I menurun dan belum menunjukkan adanya peningkatan hingga Juli 2024.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari-Juni 2024 total distribusi mobil baru atau wholesales turun 19,4 persen dari periode sama tahun lalu atau 408.012 unit dari 506.427 unit.

Hal ini juga terjadi pada penjualan ritel, yakni mengalami penurunan hingga 14 persen atau dari 502.533 unit menjadi 431.987 unit secara year-on-year.

(nzl/fea)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA