Terapkan 5 Gaya Hidup Sehat Ini untuk Menjaga Tulang Tetap Kuat

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Kesehatan dan kekuatan tulang tak bisa didapatkan dengan cara yang instan. Anda perlu menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga tulang tetap kuat hingga lanjut usia.

Tulang berperan penting untuk hampir semua bagian tubuh manusia.

Mulai dari menjaga struktur tubuh, menjaga organ, hingga melindungi otot. Oleh karena itu, sangat penting menjaga tulang tetap sehat dan kuat sejak usia dini hingga dewasa.

Berikut ini beberapa pola hidup yang bisa Anda jalani sehari-hari demi tulang yang kuat sejak kecil hingga memasuki masa lansia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Selalu melakukan aktivitas fisik




Ilustrasi. Salah satu gaya hidup sehat untuk mendapatkan tulang yang kuat adalah rutin melakukan aktivitas fisik. (iStock/PeopleImages)

Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda. Melansir Mayo Clinic, aktivitas fisik yang bisa dilakukan ini mulai dari latihan beban, berjalan kaki, joging, atau menaiki tangga.

Semua kegiatan ini dipercaya bisa membantu Anda membangun tulang yang kuat dan memperlambat pengeroposan.

2. Hindari zat-zat berbahaya

Rokok atau obat-obatan tanpa resep dokter sebaiknya dihindari. Semua ini bisa membuat tulang lebih mudah keropos karena kalsium tidak bisa diikat dengan benar.

3. Banyak makan sayur

Gaya hidup sehat yang bisa diterapkan untuk menjaga tulang tetap kuat selanjutnya adalah banyak makan sayur.

Sayur sangatlah bagus untuk kekuatan tulang. Sayuran kaya akan vitamin c yang bisa menstimulasi pembentukan sel-sel yang memperkuat tulang.

Melansir Healthline, banyak penelitian yang menyatakan bahwa vitamin C pada sayuran sangat baik untuk menjaga sekaligus membentuk sel-sel baru yang dibutuhkan tulang.

4. Perbanyak makan protein

Selain sayuran, makanan yang mengandung banyak protein juga dibutuhkan tubuh agar memiliki tulang yang kuat. Tubuh yang kekurangan protein bisa membuat tulang kehilangan kekuatannya.

Sebaliknya, makan banyak protein misal dari tahu, tempe, telur, atau daging tanpa lemak bisa melindungi tulang ketika memasuki usia lansia.

5. Penuhi asupan kolagen




ilustrasi kolagenIlustrasi. Salah satu gaya hidup sehat untuk mendapatkan tulang kuat adalah penuhi asupan kolagen.(iStockphoto)

Anda mungkin hanya tahu bahwa kalsium-lah zat yang paling baik untuk kesehatan tulang. Tapi ternyata bukan hanya kalsium, kolagen juga penting untuk kesehatan tulang.

Kolagen adalah protein utama yang bahkan terdapat dalam tulang. Kandungan dalam kolagen ini juga banyak mulai dari glisin, prolin, hingga lisin yang membantu membangun tulang, otot, ligamen, dan jaringan lainnya.

Salah satu cara meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan seperti ikan, ayam, telur, dan kaldu tulang.

Itulah lima gaya hidup sehat yang bisa Anda terapkan sehari-hari untuk menjaga tulang tetap kuat. Semoga bermanfaat.

(tst/pua)

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA