Tersedia tiga varian generasi pertama Xenia pada 2004 lalu yang semuanya hanya dibekali transmisi manual 5-percepatan, yakni Mi, Li dan Xi. Varian Mi dan Li menggunakan mesin EJ-DE DOHC 1.000 cc, sementara varian tertinggi Xi dibekali K3-DE DOHC 1.300 cc.
Kemudian Xenia bersolek pada Juli 2006 dengan kadar minor change. Wajahnya tampil lebih segar karena desain baru gril, bumper, dan lampu utama.
Sedangkan mesin mendapat teknologi baru yakni VVT-i untuk pilihan 1.000 cc dan 1.300 cc. Khusus 1.300 cc kode mesinnya berubah menjadi K3-VE.
Penyegaran datang lagi pada September 2008. Eksterior Xenia diubah menjadi lebih mewah, tuas pintu sewarna bodi dan pilar dibuat menghitam. Kemudian pada November 2009 untuk pertama kalinya Xenia mendapatkan opsi transmisi otomatis khusus untuk varian tertinggi Xi 1.300 cc.
Generasi kedua Xenia datang pada November 2011 dengan salah satu fitur kunci yaitu AC double blower. Model ini tersedia empat varian, yakni D, M, X dan R. Varian D dan M dibekali mesin EJ-VE 1.000 cc yang cuma tersedia transmisi manual sedangkan X dan R memakai K3-VE 1.300 cc.
Penyegaran pertama generasi kedua muncul pada Mei 2013. Xenia semakin mewah dengan aksentuasi krom di berbagai ornamen, jok dibuat makin nyaman dan tingkat kebisingan dikurangi. Pada model ini Xenia dilengkapi fitur keselamatan dual SRS airbag.
Pada Agustus 2015 penyegaran berkutnya datang dengan konsep yang dinamakan Great New Xenia. Daihatsu memberi perubahan pada fascia, fitur modern dan mesin baru.
Total ada 11 varian Great New Xenia yang ditawarkan dengan dua pilihan mesin yakni 1.000 cc dan 1.300 cc. Mesin 1.000 cc sama seperti sebelumnya, EJ-VE DOHC VVT-i, sementara 1.300 cc berganti kode menjadi 1NR-VE DOHC dengan dual VVT-i.
Xenia kembali disegarkan pada Januari 2019 ketika merayakan ulang tahunnya ke-15. Perubahan paling kentara di model ini yakni lampu utamanya bertingkat dan ada varian baru bermesin 1.500 cc.
Generasi ketiga Xenia lahir pada November 2021. Daihatsu mengambil langkah berani memproduksi Xenia menggunakan platform baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang menjadikannya mobil penggerak roda depan.
Pilihan mesinnya 1NR-VE 1.300 cc dan 2NR-VE 1.500 cc. Khusus transmisi otomatis diubah menjadi CVT.
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA