Terapi Air Garam Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur, Ini Penjelasannya


Jakarta, CNN Indonesia

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari terapi air garam, salah satunya untuk meningkatkan kualitas tidur.

Garam memang penting untuk tubuh manusia. Agar tubuh berfungsi dengan benar keseimbangan air dan mineral juga harus terjaga, salah satunya melalui konsumsi garam.

Kandungan natrium, magnesium, kalium, dan kalsium pada garam juga diperlukan untuk kesehatan yang optimal.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Natrium meningkatkan kadar hidrasi yang sehat, selain itu ini juga menjaga keseimbangan elektrolit yang diperlukan agar tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Penelitian soal manfaat garam yang dikaitkan dengan kualitas tidur telah dilakukan sejak puluhan tahun lalu. Salah satu penelitian juga menunjukkan orang yang kekurangan asupan garam di tubuhnya akan mengalami pola tidur yang terganggu.

Melansir Uci Health, kemungkinan besar ini terjadi karena ada peningkatan aktivitas sistem saraf simpatik yang bisa memicu aktivitas adrenal dan peningkatan norepinefrin. Semua ini mirip dengan respon lawan atau lari.

Sementara itu manfaat air garam untuk tidur juga telah banyak dibahas. Melansir berbagai sumber, garam farmasi yang dipompa melalui udara bisa membantu membuka saluran udara dan rongga hidung.

Saat duduk dan menghirup garam selama sesi terapi, paru-paru dan sinus bisa terbebas dari penyumbatan yang bisa meningkatkan pernapasan dan dengkuran.

Singkatnya, terapi air garam secara teratur bisa meningkatkan kualitas tidur, menghilangkan stres, hingga bernapas lebih dalam dan bebas.

(tst/pua)

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA