Apa itu Mpox, Virus Calon Pandemi Baru yang Sudah Nyebar ke Asia?

Jakarta, CNN Indonesia

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan wabah mpox di Afrika sebagai keadaan darurat kesehatan global. Ini adalah peringatan tertinggi tentang bahaya penyebaran penyakit.

Setelah wabah mpox dinyatakan sebagai keadaan darurat kesehatan global, Swedia mengumumkan kasus mpox pertama di luar Afrika pada Kamis (15/8).

Kemudian, Pakistan juga menyusul melaporkan kasus pertama virus mpox atau cacar monyet mematikan. Pasien di Pakistan yang terjangkit mpox adalah seorang pria berusia 34 tahun dan kini tengah dirawat di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Virus ini juga terdeteksi sudah masuk ke Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat total ada 88 kasus konfirmasi mpox sejak 2022 hingga Agustus 2024. Total konfirmasi itu terbagi dari 1 kasus pada 2022, 73 kasus pada 2023, dan 14 kasus pada 2024.

Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Yudhi Pramono menyebut dari total kasus itu, 87 kasus berakhir sembuh dan satu kasus masih dalam proses penyembuhan sejak dikonfirmasi sejak Juni lalu.

Mpox di Indonesia tersebar di enam provinsi, yakni DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kepulauan Riau.

Lantas, apa itu mpox yang dikhawatirkan WHO bakal menjadi wabah baru di dunia?

Melansir Live Science, Senin (19/8), mpox adalah salah satu spesies virus cacar, seperti cacar air dan cacar sapi, yang ditandai dengan ruam yang diikuti dengan benjolan yang muncul di kulit. Pada cacar air, lenting-lenting tersebut kemudian terisi dengan cairan dan akhirnya berkeropeng.

Seperti halnya virus Covid-19, virus berubah secara genetik dan bermutasi dengan cukup cepat.

Cacar air tidak berbeda, meskipun virus cacar air biasanya bermutasi jauh lebih lambat dibandingkan dengan virus lain, seperti HIV. HIV berubah kira-kira setiap tiga kali satu virus bereplikasi.

Ada dua jenis cacar air, clade I dan clade II. Sampai sekitar lima atau enam tahun yang lalu, clade tidak begitu beragam.

Namun, kedua jenis cacar air ini tumbuh dan dan menjadi lebih banyak. Bahkan, mereka kini memiliki subclade baru untuk I dan II.

Clad II jauh lebih tidak berbahaya dengan tingkat kematian sekitar 0,1 persen. Dengan kata lain, kira-kira hanya satu dari seribu kasus mpox yang berujung meninggal dunia.

Saat ini, para ilmuwan menemukan ribuan kasus clade I yang dilaporkan di 16 negara di Afrika dengan tingkat kematian mencapai 3-4 persen. Itu berarti tiga atau empat orang dari seratus orang meninggal. Banyak dari kasus tersebut adalah anak-anak.

Dibandingkan Covid-19, tingkat kematian akibat mpox terbilang cukup tinggi. Penyebaran Covid-19 saat dinyatakan sebagai keadaan darurat publik internasional dari 30 Januari 2020 hingga 31 Desember 2021 saja, perkiraan tingkat kasus kematian hanya sebesar 1,2 persen, masih jauh lebih rendah dari kematian akibat mpox di Afrika.

Bagaimana virus ini menyebar?

Virus ini menyebar melalui kontak seperti berbagi peralatan makan, piring, handuk, dan tempat tidur. Wanita dan anak-anak secara tidak proporsional terkena dampak melalui kontak sentuhan kulit-ke-kulit, karena mereka berdekatan satu sama lain setiap hari.

Virus mpox juga menyebar dengan mudah di daerah padat penduduk, berpenghasilan rendah dan tidak dapat mengisolasi diri mereka sendiri karena mereka harus mencari nafkah.

Dua alasan lain mengapa cacar air menyebar dengan cepat adalah masa inkubasi yang lebih lama dan gejala yang samar-samar.

Masa inkubasi berkisar antara lima hingga 21 hari. Seseorang dapat terinfeksi cacar air selama periode ini dan melakukan perjalanan ke negara lain serta menularkan penyakit ini kepada orang lain.

Gejala awalnya tidak jelas dan meliputi pembengkakan kelenjar, demam, dan rasa tidak enak badan. Diperkirakan 10 persen orang yang terinfeksi cacar air tidak menunjukkan gejala.




Waspada Gejala Cacar Monyet (Foto: CNNIndonesia/Astari Kusumawardhani)

Langkah preventif penyebaran di halaman selanjutnya…


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA