Jakarta, CNN Indonesia —
Penjualan produk lokal pada kanal Shopee Pilih Lokal pada 2024 meningkat 200 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan ini di antaranya berkat beragam promosi yang dihadirkan untuk produk lokal.
Program ekspor Shopee dan kanal Shopee Pilih Lokal menjadi beberapa inovasi pendorong kinerja Shopee pada tahun ini.
Tahun ini, jumlah produk lokal yang telah diekspor ke berbagai negara di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin dilaporkan mengalami peningkatan hampir 50 persen dibandingkan 2023. Kategori produk ekspor yang paling diminati sendiri adalah Fesyen Muslim, Fesyen Wanita, serta Fesyen Bayi & Anak.
Dari sisi produk lokal, kerja sama Shopee dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal telah membantu 1.000 usaha lokal berhasil memperoleh sertifikasi halal di 2024. Sertifikasi tersebut dinilai memperkuat kepercayaan dan tingkat kepuasan konsumen berbelanja di para penjual dan merchant lokal.
“Program-program ini mendorong pemerataan pertumbuhan usaha lokal secara berkelanjutan. Di tahun 2024, UMKM dari Aceh Besar, Sinjai, Pohuwato, Pakpak Bharat, dan Pekalongan mencatatkan peningkatan penjualan tertinggi dalam melayani pembeli dari berbagai penjuru negeri,” tambah Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto dalam sebuah keterangan, Kamis (19/12).
Lebih lanjut, beberapa program lain yang berkontribusi meningkatkan transaksi penjualan di Shopee pada 2024 adalah program Garansi Tepat Waktu dan program afiliasi bersama YouTube Shopping.
Pada program Garansi Tepat Waktu, pembeli dapat menikmati layanan pengiriman yang lebih baik lewat mitra jasa kirim seperti Anteraja, JNE, Pos Indonesia, dan SiCepat. Pembeli akan mendapatkan voucher pengganti jika pesanan tiba melebihi waktu yang dijamin.
Kemudian, konten interaktif seperti video dan live streaming juga menjadi pendorong kinerja Shopee. Fitur Shopee Live telah ditonton sebanyak 735 juta jam sepanjang 2024, menunjukkan tingginya minat dari pembeli pada konten interaktif.
Pada 2024, Shopee Live mencatat kenaikan jumlah konten kreator hingga 50 persen lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Kenaikan ini juga berdampak positif terhadap penjualan produk UMKM, yang secara total telah terjual lebih dari 1 miliar produk UMKM melalui Shopee Live.
“Kami sebagai platform e-commerce juga berusaha melahirkan berbagai inovasi baru; mulai dari program, fitur, dan inisiatif yang mendukung seluruh ekosistem kami untuk juga bisa berinovasi dan menciptakan banyak dampak positif bersama. Tahun 2024 kami senang bisa melihat penjual, pembeli, dan kreator bisa bertumbuh; tidak hanya di dalam tapi juga di luar negeri,” tutur Christin.
Program terbaru yang mendorong penjualan di platform berwarna oranye ini adalah kampanye 12.12 Birthday Sale yang disebut mendongkrak penjualan produk lokal dan UMKM hingga 7 kali lipat dibandingkan hari biasa.
(lom/dmi)
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA