Daftar 5 Jaksa Pemenang Adhyaksa Awards 2024

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Acara malam puncak penghargaan Adhyaksa Awards 2024 telah digelar pada Jumat (5/7) lalu. Sederet jaksa terbaik dengan berbagai kualifikasi kategori juga telah diumumkan.

Penganugerahan Adhyaksa Awards 2024 ini digelar di The Westin Jakarta, Setiabudi, Jakarta Selatan, yang dihadiri sejumlah tokoh. Di antaranya Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin hingga Chairman of CT Corp Chairul Tanjung (CT).

Berikut lima jaksa yang meraih penghargaan Adhyaksa Awards 2024, seperti dikutip dari detikcom.


1. Kategori Jaksa Teladan dalam Integritas

Koordinator pada Kejaksaan Tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta, Bambang Setiawan, menerima penghargaan kategori Jaksa Teladan dalam Integritas.

Penghargaan kepada Bambang Setiawan dibacakan oleh jaksa senior mantan Plt Jaksa Agung Darmono, sementara trofi diberikan secara langsung oleh Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Dia diganjar penghargaan ini karena salah satu kiprahnya mempelopori kebijakan menerima tamu di ruang khusus dan terbuka, saat bertugas di Kejari Sleman dan kini diterapkan secara nasional.

2. Kategori Jaksa Tangguh dalam Pemberantasan Korupsi

Sosok Kuntandi yang menjabat sebagai Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung, menerima penghargaan kategori ini.

Kuntadi dikenal menangani banyak kasus korupsi besar, antara lain BTS 4G Bakti Kominfo dan IUP PT. Timah dengan kerugian negara hingga Rp300 T.

Penghargaan untuk kategori ini dibacakan oleh Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman, dan trofi diberikan oleh Jaksa Agung Muda bidang Intelijen (Jamintel) Reda Manthovani.

3. Kategori Jaksa Inovatif dalam Penegakan Hukum

Saepul Uyun Sujati didapuk dengan kategori Jaksa Inovatif dalam Penegakan Hukum. Dia kini menjabat sebagai Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan di Kejari Kutai Barat.

Dia berjasa membuat program pengantaran barang bukti yang diberi nama Berangkat Antar Barang Bukti Gratis atau Berbakti.

Penghargaan Adhyaksa Awards 2024 kepada Saepul Uyun Sujati dibacakan oleh Wakil Pemimpin Redaksi (Wapemred) detikcom Elvan Dany Sutrisno. Trofi diserahkan oleh Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Febrie Adriansyah.

4. Kategori Jaksa Penegak Keadilan Restoratif

Menjabat sebagai Kepala Seksi Tindak Pidana Umum pada Kejaksaan Negeri Hulu Sungai Tengah, Herlinda mendapatkan penghargaan pada kategori ini.

Herlina menginisiasi Rumah RJ pertama di Kalimantan Selatan, yang menjadi barometer bagi wilayah lain di Kalimantan.

Penghargaan Adhyaksa Awards untuk Herlina dibacakan Dewan Pakar Adhyaksa Awards 2024 Barita Simanjuntak, dan trofi diberikan oleh Jaksa Agung Muda bidang Pidana Umum, Asep Nana Mulyana.

5. Kategori Jaksa Inspiratif Pemberdaya Masyarakat

Kategori ini disematkan pada Kepala Seksi Intelijen di Kejaksaan Negeri Tebo, Febrow Adhiaksa Soeseno.

Dia menginisiasi berdirinya Rumah Singgah untuk Suku Anak Dalam yang ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah formal.

Penghargaan untuk Jaksa Febrow dibacakan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni, yang juga Dewan Pakar Adhyaksa Awards 2024. Sementara penghargaan diserahkan oleh Jaksa Agung Muda Pembinaan, Bambang Sugeng Rukmono.

Acara ini didukung oleh PT Pertamina (Persero) dan Bank Mandiri.


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA