Panjat Tebing Bidik 2 Medali, Termasuk Emas di Olimpiade


Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid menargetkan dua medali diraih Indonesia di Olimpiade Paris 2024, salah satunya berupa medali emas.

Terdapat empat atlet panjat tebing Indonesia yang akan berkompetisi di Olimpiade 2024 yang terdiri dari dua putra dan dua putri. Mereka adalah Desak Made Rita Kusuma Dewi, Rajiah Salsabilah, Rahmad Adi Mulyono, dan Veddriq Leonardo.

“Target kami semoga bisa mendapatkan minimal dua medali dan salah satunya emas,” kata Yenny di Jakarta, Rabu (10/4).


Seluruh atlet Indonesia akan tampil di nomor speed putra dan putri. Sehingga jumlah medali emas maksimal yang bisa diraih adalah dua keping dan total empat medali secara keseluruhan.

Yenny berharap dukungan masyarakat semakin deras mengucur untuk atlet yang mewakili Indonesia. Menurutnya doa dari publik dapat meningkatkan motivasi para atlet.

“Persiapan terakhir tidak terlalu banyak, memang fokus untuk empat atlet yang berangkat dan lebih ke fisik serta mental. Dalam hal ini kami berharap sekali ada dukungan besar dari masyarakat,” ujar Yenny.

Sementara atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo mengaku program latihan semakin spesifik saat mendekati Olimpiade. Ia mengaku optimistis dalam debutnya di pesta olahraga dunia.

“Persiapan lebih ke simulasi, jadi fokus spesifik ke teknik memanjat dan mengurangi catatan waktu,” ucapnya.

Atlet 27 tahun itu mengaku gugup menatap Olimpiade pertamanya. Namun ia tetap yakin bisa meraih prestasi terbaik di Paris.

“Pastinya deg-degan. Tapi itu tidak akan mengganggu fokus dan performa saya. Saya harus mengantisipasi [rasa gugup] dengan mengingat apa yang sudah dilalui di latihan. Saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini dan menghindari kesalahan sepele,” kata Veddriq.

Olimpiade 2024 akan berlangsung di Prancis pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Panjat Tebing difavoritkan sebagai cabang olahraga andalan baru selain bulu tangkis dan angkat besi yang selama ini rutin menyumbang medali.


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA