Kabupaten Musi Banyuasin Raih Best Disaster & Crisis Management


Jakarta, CNN Indonesia

Kabupaten Musi Banyuasin meraih penghargaan dalam kategori Best Disaster & Crisis Management di ajang CNN Indonesia Awards 2024.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur Transmedia Latif Harnoko kepada Pj. Bupati Musi Banyuasin Sandi Fahlepi di Ballroom The Zuri Hotel Palembang, pada Rabu (10/7) malam.

CNN Indonesia memberikan penghargaan kepada Kabupaten Musi Banyuasin sebagai bentuk apresiasi atas peran aktif dalam mitigasi bencana, terutama di lokasi rawan bencana.


Bahkan, implementasi strategi daerah juga berjalan dengan baik meski kondisi bencana melanda di beberapa titik.

Masyarakat dan pihak perkebunan hingga korporasi dilibatkan untuk menjalankan strategi program generik dan teknik yang dirancang seperti pengembangan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi penanggulangan bencana.

Selain itu, diberikan juga pendidikan dan pelatihan, pemberdayaan masyarakat, tanggap darurat, pengelolaan bantuan darurat kemanusiaan, rehabilitasi, dan rekonstruksi.

Kabupaten Musi Banyuasin sendiri adalah kabupaten dengan sederet penghargaan, mulai dari 12 kali peraih Piala Adipura hingga penghargaan dari pemerintah Inggris sebagai pelopor implementasi pembangkit listrik zero emission.

Penghargaan yang diraih tersebut berkat upaya menyeimbangkan pembangunan dengan penjagaan lingkungan yang dilakukan Kabupaten Musi Banyuasin.

Musi Banyuasin adalah kabupaten di Provinsi Sumatra Selatan yang saat ini dipimpin oleh Penjabat Bupati yakni Sandi Fahlepi yang dilantik pada 22 April 2024.

Kabupaten Musi Banyuasin berbatasan dengan Provinsi Jambi di sebelah utara dan berbatasan dengan Kabupaten Banyuasin di sebelah timur.

Kabupaten Musi Banyuasin juga berbatasan dengan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir di sebelah selatan dan berbatasan dengan Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Musi Rawas Utara di sebelah barat.

Kabupaten Musi Banyuasin memiliki potensi ekonomi yang besar, seperti luas hutan produksi yang mencapai hampir 30 persen dari luas kabupaten, serta komoditas sawit dan karet yang siap dikembangkan.

Selain itu, keragaman ekosistem dengan keanekaragaman hayati yang dimiliki menjadikannya sebagai “permata” Provinsi Sumatra Selatan.


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA