Inggris Akhiri Kutukan Jago Kandang Usai Lolos Final Euro 2024


Jakarta, CNN Indonesia

Inggris berhasil mengakhiri kutukan hanya sebatas tim jago kandang setelah lolos ke partai final Euro 2024.

Harry Kane dan kawan-kawan melakukannya setelah mengalahkan Belanda di babak semifinal, Kamis (11/7) dini hari WIB. Inggris yang tertinggal lebih dulu mampu comeback untuk menang 2-1 atas De Oranje di Signal Iduna Park, Dortmund.

Hasil ini jadi pencapaian tertinggi buat Inggris di turnamen besar saat tidak berstatus sebagai tuan rumah. Di sejumlah ajang, baik itu Euro atau Piala Dunia, Inggris mengukir prestasi terbaik saat finis di peringkat empat Piala Dunia 2018.


Sebelum itu, pencapaian bagus Inggris hanya terjadi saat bermain sebagai tuan rumah.

Inggris berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia untuk pertama kalinya tahun 1966. The Three Lions yang bermain di hadapan publik sendiri menang atas Jerman dengan skor 4-2 melalui babak perpanjangan waktu.

Saat bermain sebagai tuan rumah di Euro 1996, Inggris juga bisa melangkah jauh. Paul Gascoigne dan kawan-kawan baru terhenti langkahnya di babak semifinal.

Inggris lantas bertemu Jerman dalam laga perebutan tempat ketiga. Namun tuan rumah harus mengakui keunggulan Jerman lewat adu penalti setelah skor imbang 1-1 selama 120 menit.

Torehan apik lainnya juga dibuat Inggris di Euro 2020. Namun, ketika itu Inggris tidak sendirian jadi tuan rumah karena ada 10 negara lainnya yang ditunjuk.

Inggris bisa melangkah hingga partai puncak. Hanya saja keinginan untuk jadi juara mesti pupus karena takluk dari Italia lewat adu penalti dengan skor 2-3.


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA