Duet Luthfi-Kaesang di Pilkada Jateng Bagus, Keduanya Tokoh


Jakarta, CNN Indonesia

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mempertimbangkan duet Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi dengan Kaesang Pangarep di Pilkada Jawa Tengah 2024.

Habib menilai Luthfi dan Kaesang memiliki kecocokan jika diduetkan, apalagi sama-sama kuat di Jateng. Namun, ia mengaku belum mengetahui pembicaraannya di level koalisi.


“Kalau Mas Kaesang dengan Mas Luthfi juga menurut saya bagus, kedua-duanya adalah tokoh di Jawa Tengah,” katanya di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (10/7).

Luthfi harus pensiun dari Polri bila ikut kontestasi Pilkada 2024 lantaran kini masih menjabat Kapolda Jawa Tengah.

Meski begitu, Habib mengatakan hingga kini pencalonan kepala daerah untuk Pilkada serentak 2024 di semua daerah belum ada yang final. Sehingga, katanya, semua kemungkinan tetap terbuka.

Habib memperkirakan Koalisi Indonesia Maju (KIM) baru akan membicarakan wacana koalisi pilkada dalam satu dua pekan ke depan.

“Ya sekarang masih terus dibicarakan berbagai kemungkinan, kita lihat nanti lah ya, mungkin seminggu, dua minggu ini, semoga semakin jelas arahnya,” ujarnya.

Nama Ahmad Luthfi dan Kaesang belakangan ini memiliki elektabilitas tinggi dalam hasil survei jelang Pilkada Jateng 2024. Hasil survei Indikator Politik Indonesia terbaru menempatkan keduanya di posisi teratas.

Kaesang unggul di simulasi semi terbuka 20 nama calon, simulasi 10 nama, dan simulasi delapan nama. Sementara Luthfi menduduki posisi teratas dalam simulasi top of mind.

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA