Lagi-lagi Jokowi Turun Mobil Gara-gara Jalanan Rusak di Lampung


Lampung, CNN Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghentikan laju kendaraan dan turun dari mobil usai mendapati jalanan rusak dan berlubang di perjalanan menuju Bandan Hurip, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (11/7).

Jokowi bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju turun dari mobil dan memeriksa jalan rusak yang dilewati.

Adapun jalan rusak yang dilalui Jokowi adalah jalan Raya Palas Sukaraja. Jokowi pun menyebut sepanjang jalan tersebut banyak lubang.


“Ngecek jalan tadi. Jalannya kan tadi lubang-lubang, banyak yang rusak,” kata Jokowi dalam keterangannya, Kamis (11/7).

Jokowi pun mengaku sudah memerintahkan langsung Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk segera menindaklanjuti jalanan yang rusak tersebut.

“Saya tadi langsung perintah ke Pak Menteri PU,” ujarnya.

Momen tersebut bukan pertama kalinya Jokowi meninjau jalan rusak. Jokowi sempat melakukan hal serupa tahun lalu di Lampung usai viral jalan rusak di Provinsi itu.

Usai peninjauan kala itu, Jokowi mengatakan pemerintah pusat akan mengambil alih perbaikan jalan tersebut. Kementerian PUPR menggelontorkan dana Rp625 miliar untuk membiayai perbaikan jalan tersebut.

Pengambilalihan tanggung jawab, dilakukan karena Pemerintah Daerah Lampung sudah ‘angkat tangan’ alias menyerah dalam memperbaiki jalan tersebut.

Salah seorang warga setempat, Nurma (32) mengatakan bahwa kondisi jalan lintas Palas-sragi itu memang di beberapa titik rusak dan berlubang.

“Kondisinya ya memang begitu, apalagi kalau musim hujan agak ngeri melintasnya. Padahal, inikan dekat sama Kalianda (Ibu Kota Kabupaten Lampung Selatan),”ujar Nurma.

Ibu rumah tangga ini pun berharap kedatangan Presiden Jokowi hari ini bisa membuat perubahan dan perbaikan jalan di wilayah Kabupaten Lampung Selatan.

Warga lainnya, Yani (35) pun berharap Jokowi bisa melakukan perbaikan jalan di wilayah tersebut seperti jalan yang sempat viral beberapa waktu lalu yakni di Kabupaten Lampung Tengah.

“Kami berharap dan minta tolong diperbaiki. Ya masak sih harus viral dulu, baru diperbaiki,”kata dia.

Hal senada disampaikan juga oleh beberapa warga lainnya bahwa masih banyak jalan di Kabupaten Lampung Selatan yang rusak, bahkan ada juga beberapa jalan yang belum tersentuh perbaikan. 

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA