6 Buah yang Mengandung Kolagen, Bikin Kulit Makin Menggemaskan

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Mendorong produksi kolagen salah satunya lewat makanan. Berikut beberapa buah yang mengandung kolagen agar kulit tampak awet muda dan segar.

Masuk usia senja, kebutuhan produk perawatan kulit jadi agak berbeda. Ada kebutuhan untuk mencegah kemunculan tanda penuaan, termasuk penggunaan produk skincare dengan retinol.

Sebenarnya tak hanya dari luar, perawatan kulit juga perlu dari dalam dengan mendorong produksi kolagen.


“Kolagen terdapat di kulit, otot, tulang, dan jaringan ikat dan memainkan peran penting dalam kesehatan sendi dan menjaga kelenturan dan elastisitas kulit,” kata dietisien Marisa Moore, mengutip dari Good Housekeeping.

Buah yang mengandung kolagen

Produksi kolagen menurun tiap dekade pertambahan usia. Penurunannya semakin banyak, terlebih pada wanita yang sudah menopause.

Oleh karenanya, Anda perlu mengonsumsi pangan yang mampu mendorong produksi kolagen tubuh termasuk buah-buahan berikut.

1. Jeruk Bali merah

Vitamin C tak hanya bicara soal daya tahan tubuh. Nutrisi satu ini membantu menghubungkan asam amino selama produksi kolagen. Buah-buahan sitrus memang dikenal memberikan asupan vitamin C yang berlimpah buat tubuh.

Melansir dari Cleveland Clinic, buah sitrus yang tinggi vitamin C antara lain jeruk (70-90 mg), jeruk Bali merah (80-100 mg), lemon (30-40 mg), dan jeruk nipis (20-30 mg).

2. Stroberi

Selain buah-buahan sitrus, buah jenis beri juga kaya akan vitamin C seperti stroberi, raspberry, blueberry, dan blackberry.

“Beri juga tinggi antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan,” kata dietisien dan ahli kecantikan Katey Davidson.

Dalam 100 g stroberi saja bisa memberikan asupan vitamin C sebanyak 150 persen dari kebutuhan harian.

3. Jambu biji




Ilustrasi. Jambu biji, salah satu buah yang mengandung kolagen. (iStockphoto/Murilo Gualda)

Suka buah-buahan tropis? Kabar baiknya, buah-buahan tropis termasuk buah yang mengandung kolagen. Buah mampu mendorong produksi kolagen berkat kandungan vitamin C yang tinggi, salah satunya jambu biji.

Satu buah jambu biji segar mengandung 73-247 mg vitamin C tergantung varietasnya. Namun, kebanyakan jambu biji mampu memenuhi sekitar 200 persen kebutuhan vitamin C harian.

4. Kiwi

Ukurannya mini, tapi kandungan vitamin C-nya begitu tinggi. Apakah itu? Jawabannya adalah kiwi.

“Konsumsi satu buah kiwi untuk sarapan dan Anda akan mendapat asupan sekitar 117 persen dari kebutuhan vitamin C harian,” ujar dietisien Devon Peart.

5. Alpukat

Selain vitamin C, produksi kolagen memerlukan asam lemak omega 3. Oleh karenanya, masukkan alpukat dalam diet harian Anda. Buah satu ini mengandung lemak omega 3 yang kaya.

Selain itu, ada kandungan vitamin E yang mampu melawan radikal bebas.

6. Nanas

Nanas jadi buah tropis primadona apalagi saat diolah jadi rujak. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat nanas layak disebut buah yang mengandung kolagen.

Dengan harga yang murah, sebanyak 225 g nanas dapat memberikan asupan vitamin C sebanyak 79 mg.

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA