Konsumen ‘Todong’ Honda Segera Rilis Motor Listrik Jarak Jauh


Jakarta, CNN Indonesia

Salah satu konsumen motor listrik EM1 e: asal Makassar, Sulawesi Selatan meminta Honda meluncurkan versi lain motor itu yang bisa dipakai menempuh jarak lebih jauh.

Konsumen itu, pengusaha dari Makassar bernama Agung (36), meminta demikian lantaran satu-satunya opsi jarak tempuh EM1 e: seperti yang dia punya hanya bisa digunakan sekitar 40 kilometer.

“Segeralah kalau ada (motor listrik dengan jarak lebih jauh). Kan di Makassar biasa sulit yang keluaran-keluaran terbaru kan. Kalau di Jawa kan banyak stoknya, kalau di sini kan inden lama,” kata dia di Makassar, Kamis (11/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Agung, EM1 e: yang sudah dia gunakan sekira tiga bulan lalu bisa dipakai sehari-hari sejauh 30 kilometer saja. Itu dikatakan sudah menghabiskan daya baterai sekitar 70 persen setiap hari.

Demi menyiasati hal ini Agung bilang menyempatkan mengecas baterai di sela jam istirahat sehingga daya baterai bisa terisi tanpa khawatir saat berpergian.

Senior Manager Corporate Communication Astra Honda Motor, Rina Listiani, yang menanggapi permintaan itu mengungkap kepastian perusahaan akan merilis model motor listrik baru tahun ini.

“Ditunggu saja tahun ini pasti kita akan rilis. Ditunggu dulu, di awal tahun kita sudah sampaikan, mudah-mudahan sesuai dengan yang diinginkan konsumen,” kata dia.

Namun saat disinggung apakah model anyar itu membawa baterai lebih besar dengan daya jelajah lebih jauh, Rina enggan berkomentar.

AHM sudah pernah memamerkan motor listrik SC e: Concept di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Calon motor listrik terbaru Honda ini punya dimensi lebih besar dari EM1 e:.

Pihak AHM tak pernah menyatakan secara resmi SC e: Concept akan beralih ke model produksi dan dijual massal atau cuma sekadar barang pameran. Namun peluang ke arah itu besar mengingat AHM sudah janji bakal meluncurkan motor listrik baru.

Sebelum mejeng di Indonesia, SC e: Concept telah muncul ke publik global di Japan Mobility Show 2023 dan EICMA (Esposizione Internazionale Ciclo Motorciclo e Accesori) Italia.

Berkaca dari lini masa peluncuran EM1 e: di Indonesia. AHM biasanya akan merilis motor listrik anyar di ujung tahun. Besar kemungkinan motor listrik SC e: Concept akan rilis dalam waktu beberapa bulan lagi.

(can/fea)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA