Lansia Terjebak, Bocah Susah Bernapas


Jakarta, CNN Indonesia

Final Copa America 2024 antara Argentina dan Kolombia, yang seharusnya kick-off pada Senin (15/7) pagi pukul 7.00 WIB ditunda lebih dari satu jam karena masalah penonton.

Beberapa jam sebelum kick-off, para suporter tampak menerobos gerbang keamanan di Stadion Hard Rock di Miami Gardens, Florida, Amerika Serikat.

Video yang diunggah di media sosial menunjukkan para suporter, sebagian besar mengenakan warna kuning dan merah Kolombia, melompati pagar keamanan dekat pintu masuk barat daya stadion dan berlari melewati petugas polisi dan petugas stadion.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Segelintir orang terlihat menerima perawatan medis dan meminta air di tengah panas teriknya Florida Selatan. Petugas mampu mendorong kerumunan di balik gerbang hitam dan mengunci pintu masuk sehingga tidak ada yang bisa masuk ke dalam stadion, meskipun banyak penggemar yang memiliki tiket sudah duduk di kursi mereka sebelum itu.

Seorang anak kecil yang mengenakan seragam Argentina dibiarkan masuk ke dalam gerbang sambil menangis histeris ketika pria yang bersamanya dan seorang petugas polisi berusaha menenangkannya.

Seorang suporter bernama Claudio melakukan perjalanan untuk final Copa America 2024 dari Mendoza di Argentina, dia mengaku tidak dapat bernapas ketika polisi berusaha meredakan kekacauan penonton tersebut.

“Mereka [Amerika Serikat] tidak bisa menyelenggarakan Piala Dunia! Itu tidak mungkin,” kata Claudio dalam bahasa Spanyol, seperti dilansir Stuff, Senin (15/7).

“Orang-orang terjebak di gerbang selama berjam-jam, tidak bisa bernapas. Ada seorang warga lanjut usia, lihat dia, lihat dia [sambil menunjuk ke arah putranya yang masih kecil], dibiarkan tanpa air. Tidak ada air, tidak ada apa-apa,” sambungnya.

Departemen kepolisian Miami-Dade County, AS, mengeluarkan pernyataan pada media sosial X setelah kejadian tersebut dengan menyebutkan bahwa ada beberapa insiden sebelum gerbang Stadion Hard Rock dibuka.

“Insiden-insiden ini adalah akibat dari perilaku nakal para penggemar yang mencoba mengakses stadion,” bunyi pernyataan Departemen kepolisian Miami-Dade County di X.

“Kami meminta semua orang untuk bersabar, dan mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh petugas kami dan personel Hard Rock Stadium. Kami secara aktif bekerja sama dengan Hard Rock Stadium untuk memastikan lingkungan yang aman bagi semua yang hadir. Perilaku yang sulit dikendalikan akan membuat Anda dikeluarkan dan/atau ditangkap,” lanjut pernyataan itu.

Dilaporkan masih ada orang-orang yang memiliki tiket pertandingan, tapi masih menunggu untuk masuk ke stadion. Petugas keamanan hanya membuka sedikit gerbang untuk mengizinkan segelintir penggemar yang masuk.

(wiw/jal)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA