Mengapa Kaki Messi Bengkak Seperti Bakpao di Final Copa Amarica 2024?


Jakarta, CNN Indonesia

Mengapa engkel kaki kanan Lionel Messi sampai bengkak dalam pertandingan final Copa America 2024 yang membuatnya harus ditarik keluar?

Messi ditarik pada babak kedua pertandingan, tepatnya di menit ke-66, saat melawan Kolombia di Stadion Hard Rock, Minggu (14/7). Saat itu terlihat engkelnya sampai bengkak.

Pemain Inter Miami ini awalnya berbenturan dengan bek Kolombia di tengah pertandingan. Messi sampai berguling-guling karena menahan sakit yang dideranya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun Messi masih bisa melanjutkan pertandingan, meski sambil menahan sakit. Messi benar-benar tak bisa berkutik saat mengejar bola. Dalam sebuah tumpuan, ia tumbang.

Pemain 37 tahun ini mendapat perawatan dan lantas ditarik keluar. Saat berada di bangku cadangan, Messi menangis. Ia beberapa kali tertangkap mengelap linangan air matanya.

Menurut dokter Timnas Indonesia, Alfan Nur Asyhar, cedera Messi termasuk kategori akut. Cedera ini membuat peradangan di bagian cedera yang ditandai dengan pembengkakan.

“Itu masuk cedera akut di regio ankle kanan. Pada fase akut biasanya disertai fase inflamasi atau peradangan. Tandanya adalah pembengkakan, nyeri, keterbatasan gerak.”

“Terasa hangat di daerah pembengkakan, bisa disertai perubahan warna merah di sekitar kulit cedera,” kata Alfan kepada CNNIndonesia.com pada Senin (15/7) malam.

Namun dokter yang mendampingi Timnas Indonesia ini tak ingin menganalisis lebih jauh soal cedera Messi. Cedera tersebut harus diperiksa dengan saksama.

“Untuk mengetahui pasti apakah ada permasalahan di tulang, sendi, otot, ligamen, atau tendo biasanya dilakukan pemeriksaan MRI setelah fase akutnya hilang atau mereda,” ujarnya.

Menurut pemberitaan salah satu media Argentina, La Nacion, Messi dipastikan absen dalam beberapa pekan ke depan. Hingga kini belum ada keterangan pasti soal cedera Messi.

Dengan bahasa tubuh Messi yang tidak bisa berjalan dengan normal, saat pengalungan medali juara Copa America 2024, dipastikan penanganan cedera Messi bisa lebih dari 20 hari.

“Cedera itu memerlukan lebih dari 20 hari pemulihan jika ligamen pergelangan kaki pemain nomor 10 itu tidak terganggu,” tulis La Nacion dalam analisis cedera sang megabintang.

(abs/jun)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA