Piala AFF U-19 2024, Titik Balik Kebangkitan Tim Racikan Indra Sjafri

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia U-19 akan memulai perjuangan di Piala AFF U-19 2024. Filipina akan menjadi lawan pertama skuad Garuda Nusantara dalam pentas tingkat Asia Tenggara ini.

Duel Timnas Indonesia U-19 vs Filipina akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (17/7) pukul 19.30 WIB. Kemenangan bakal jadi modal penting bagi tuan rumah.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri memanggil 23 pemain untuk mengarungi turnamen. Terdapat tiga pemain diaspora yang turut serta di Piala AFF U-19. Mereka adalah Welber Jardim (Sao Paulo FC), Marselinus Ama Ola (UD Logrones), dan Jens Raven (FC Dordrecht).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sedangkan 20 pemain lainnya berseragam klub lokal. Keputusan Indra Sjafri memadupadankan pemain dari berbagai latar belakang klub tak lepas dari upaya memaksimalkan potensi pemain Timnas Indonesia U-19.

Sudah semestinya tim Merah Putih semestinya menatap turnamen dengan optimistis seiring dengan persiapan yang dilakukan sejak empat bulan. Setelah uji coba lawan China U-20 pada Maret, Kadek Arel dan kawan-kawan diberangkatkan ke Eropa untuk latihan di Como (Italia) kemudian mengikuti turnamen internasional bertajuk Toulon Cup 2024 (Prancis) medio Mei hingga Juni.

Kemudian sepulang ke Indonesia, Timnas Indonesia U-19 menjalani laga ujicoba melawan kesebelasan lokal seperti PON Sumatera Utara. Sayangnya uji coba lawan tim PON Jawa Timur dan Malut United batal akibat hujan deras.

Kisi-kisi kualitas Timnas Indonesia U-19 sudah terlihat saat berkaca dari hasil uji coba di Toulon Cup 2024 dan laga ekshibisi di dalam negeri. Di Toulon Cup, Indonesia selalu menelan kekalahan dari lima laga yang dijalani.

Rinciannya adalah kalah 0-3 dari Ukraina, tumbang 0-4 dari Panama, kemudian lawan Jepang dan Italia masing-masing tunduk 1-4 dan 0-1. Lalu terakhir pada play off peringkat kesembilan kontra Korea Selatan, Indonesia takluk 1-2.

Kemudian saat uji coba lawan tim PON Sumatera Utara, Timnas Indonesia U-19 kalah lagi dengan skor 1-2. Meski di atas kertas hanya rapor merah yang ditorehkan, rentetan kekalahan itu adalah fakta yang dapat dijadikan evaluasi. Piala AFF U-19 2024 adalah titik baliknya.

Baca halaman berikutnya>>>


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA