Kim Pan Gon Cabut, Malaysia Berharap Dilatih Park Hang Seo


Jakarta, CNN Indonesia

Pecinta sepak bola Malaysia yang baru patah hati ditinggal Kim Pan Gon masih belum bisa move on dari pelatih asal Korea Selatan.

Dalam jajak pendapat yang digagas Astro Arena nama Park Hang Seo berada di posisi teratas sebagai pelatih yang diharapkan bisa mengisi posisi Kim Pan Gon di timnas Malaysia.

Mantan pelatih Vietnam itu mendapat lebih dari 60 persen suara dari sekitar 400 pengisi jajak pendapat, hingga Selasa (18/7) pukul 13.50 WIB. 


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kendati jajak pendapat masih berlangsung hingga lebih dari 20 jam lagi, jumlah suara Park Hang Seo unggul jauh dibanding Pau Marti Vicente yang langsung ditunjuk Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) sebagai pengganti Kim Pan Gon.

Pau Marti hanya mendapat 11,4 persen suara. Bahkan suara pelatih Spanyol itu juga lebih rendah dibanding mantan pelatih Malaysia sebelum Kim Pan Gon, yaitu Tan Cheng Hoe yang mendapat 12,6 suara.

Satu nama lagi yang disertakan dalam jajak pendapat adalah Nafuzi Zain yang saat ini menangani Kedah Darul Aman. Zain menjadi runner up dalam jajak pendapat karena mengemas 15,2 persen suara.

Bukan cuma pecinta sepak bola Malaysia yang berharap Park Hang Seo menangani Harimau Malaya. Pengamat sepak bola lokal Malaysia Datuk Dr Pekan Ramli sosok yang pernah mengangkat nama skuad Golden Star itu cocok meneruskan kerja Kim Pan Gon.

“Hang Seo mungkin bisa dipertimbangkan FAM karena di bukan saja telah membina pasukan Vietnam ke arah yang lebih baik, tetapi juga membina karakter pemain itu sendiri,” ujar Ramli dilansir dari Stadium Astro.

“Tugas pelatih bukan saja melatih pemain di lapangan tetapi juga pembinaan karakter dari sisi penegakan disiplin serta semangat berjuang,” tuturnya menambahkan.

Ramli menyatakan dirinya bukan tak ingin mendukung pelatih lokal, namun persaingan level global membuat Malaysia membutuhkan pelatih asing.

“Kita bukan mau mengesampingkan pelatih nasional atau pelatih lokal tetapi di persaingan level internasional, kita butuh pelatih yang berkaliber dan berwibawa. Mereka paham corak permainan lawan yang akan dihadapi dan melihat sisi teknik mengenai strategi yang akan diatur,” jelas Ramli.

Saat ini Hang Seo menjadi penasihat di klub Bac Ninh FC di Vietnam dan dilaporkan sudah mementahkan tawaran beberapa timnas seperti India dan Kamboja.

(nva/har)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA