7 Kegiatan Sehari-hari Ini Bisa Bantu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Kecerdasan terlihat seperti sesuatu yang dimiliki sejak lahir. Padahal, ada sederet latihan sederhana yang mampu meningkatkan kecerdasan dengan cepat.

Kecerdasan sebenarnya bukan suatu sifat yang ditetapkan. Kemampuan ini dapat diubah dan fleksibel. Artinya, otak bisa belajar dan distimulasi sehingga kecerdasan bisa meningkat.

Kuncinya adalah mempraktikkan gaya hidup, kebiasaan, serta latihan yang mendukung dan melindungi otak.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cara meningkatkan kecerdasan otak

Cukup lakukan latihan-latihan sederhana berikut dengan rutin dan perhatikan kecerdasan Anda yang perlahan meningkat signifikan.

1. Tidur lebih dari 7 jam

Cukup banyak penelitian yang menghubungkan tidur dan kecerdasan. Riset-riset ini menunjukkan, kurang tidur di malam hari bisa membuat Anda kurang cerdas.

Sebaiknya, upayakan tidur lebih dari 7 jam tiap malam agar keesokan harinya otak lebih tajam, kreativitas meningkat, dan suasana hati lebih positif.

2. Luangkan waktu 10 menit untuk belajar hal baru

Otak tidak akan mengembangkan ‘jalur’ baru jika Anda terus melakukan hal lama yang sama dan tidak pernah diajak belajar.

Muncul rasa ingin tahu akan suatu hal? Coba ikuti rasa penasaran Anda dengan belajar sesuatu dan buat komitmen. Misalnya, belajar bahasa asing, memainkan alat musik baru, atau bidang lain yang baru bagi Anda.

Luangkan waktu setidaknya 10 menit untuk belajar.

3. Setop makan selama beberapa jam

Anda tidak harus puasa. Cukup setop makan selama beberapa jam dan perhatikan pengaruhnya terhadap kejernihan mental Anda.

Mengutip dari Your Tango, energi akan melonjak dan pikiran bisa jernih. Mungkin Anda bisa berkonsultasi untuk sekaligus melakukan puasa intermiten.

4. Meditasi




Ilustrasi. Meditasi, salah satu cara meningkatkan kecerdasan otak. (iStockphoto/LightFieldStudios)

Cara lain untuk lebih cerdas adalah berlatih meditasi. Riset pada 2010 mengaitkan meditasi dengan fungsi eksekutif dan memori kerja yang lebih baik. Efek ini terlihat setelah empat hari meditasi.

Anda bisa bermeditasi menggunakan aplikasi tertentu, mendengarkan video meditasi yang dipandu instruktur atau bergabung dengan kelas meditasi.

5. Memainkan alat musik

Memainkan alat musik adalah cara meningkatkan kecerdasan yang menyenangkan dan kreatif.

Mengutip dari Healthline, memainkan alat musik melibatkan ketrampilan seperti persepsi pendengaran, koordinasi fisik, mengingat, dan pengenalan pola.

Main alat musik akan menantang kemampuan sensorik dan kognitif. Ulasan pada 2013 menyebut memainkan alat musik membantu meningkatkan fungsi kognitif dan saraf.

6. Membaca buku

Membaca buku memang membuat orang lebih pintar karena menyerap informasi baru. Hanya saja, manfaat yang tak kalah penting adalah melatih fokus otak.

Nyatanya, satu aktivitas sederhana ini menuntut fungsi kognitif beragam termasuk atensi, prediksi, mengingat, penyimpanan informasi jangka panjang, penalaran abstrak, pemahaman, dan pemrosesan visual huruf.

Aktivitas ini dilakukan untuk mengimbangi kebiasaan ‘scroll’ media sosial dan membuat rentang perhatian orang semakin pendek.

7. Olahraga

Olahraga atau aktivitas fisik membantu meningkatkan fungsi otak. Berdasarkan studi pada 2018, olahraga ringan meningkatkan aktivitas hippocampus yang mana termasuk memori.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda tidak perlu olahraga terlalu keras. Kuncinya hanya ada pada konsistensi.

Untuk pemula, bisa mulai olahraga sederhana seperti jalan kaki, yoga, hiking atau bodyweight workout.

(els/asr)

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA