Pemprov DKI Sudah Gratiskan Biaya Sekolah Swasta Lewat PPDB Bersama


Jakarta, CNN Indonesia

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menggratiskan biaya pendidikan sejumlah sekolah swasta dari tingkat SMP hingga SMA melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Bersama.

Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Budi Awaludin menyampaikan ada 8.426 kursi yang disiapkan untuk jalur calon peserta didik baru (CPDB) yang mendaftar lewat PPDB Bersama 2024 di jenjang SMP, SMA, dan SMK.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Calon peserta didik yang lolos program ini dibiayai oleh Pemprov DKI Jakarta, baik untuk uang pakal maupun biaya operasional (SPP) setiap semesternya.

“PPDB Bersama dalam rangka menampung mereka-mereka dengan jalur afirmatif untuk sekolah-sekolah di swasta dan kita gratiskan,” kata Budi beberapa waktu lalu.

Pada 2021 lalu, Komisioner KPAI Retno Listyarti menyebutkan pembiayaan sekolah akan diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta melalui mekanisme Bantuan Operasional Sekolah atau BOP dengan nilai sebesar Rp400 ribu per siswa setiap bulannya.

“SPP gratis sampai lulus yang bayar Pemprov DKI Jakarta,” ujarnya.

PPDB Bersama adalah bagian dari PPDB DKI Jakarta yang memungkinkan CPDB SMP, SMA, SMK memilih sekolah swasta dengan jalur afirmasi.

CPDB yang diterima melalui PPDB Bersama bisa sekolah gratis karena biaya sekolahnya ditanggung oleh Pemprov DKI Jakarta.

Tujuan PPDB Bersama ini adalah memperluas daya tampung pada sekolah negeri yang masih terbatas untuk jenjang SMP, SMA dan SMK.

Kini, Pemprov DKI tengah mengkaji kebijakan menggratiskan biaya pendidikan sekolah swasta dari SD hingga SMA. Kajian ditargetkan rampung pada akhir tahun ini.

Berdasarkan kajian Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Budi membuka kemungkinan kebijakan sekolah swasta gratis bisa diterapkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Kemungkinan ada harapan diimplementasikan di Pemprov DKI Jakarta. Namun kami masih memperhitungkan dan memitigasi secara detail keseluruhan kebijakan ini,” kata Budi kepada CNNIndonesia.com, Jumat (19/7).

Budi berharap kebijakan sekolah swasta gratis di Jakarta bisa diterapkan pada 2025.

(lna/fra)

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA