Ridwan Kamil Beri Selamat ke Anies Dapat Dukungan di Pilkada Jakarta


Jakarta, CNN Indonesia

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan selamat kepada Anies Baswedan usai mengantongi syarat dukungan dari partai politik untuk berkontestasi di Pilkada Jakarta 2024.

Bermodalkan dukungan dari PKS dan NasDem, Anies telah mengantongi syarat pencalonan sebagai calon Gubernur Jakarta. Perkiraan perolehan kursi DPRD kedua partai itu telah melampaui syarat pengusungan untuk Pilgub Jakarta.

“Kalau beliau sedang berikhtiar kembali dan dapat dukungan ya saya kira, saya mengucapkan selamat,” kata RK di Tebet, Jakarta, Rabu (24/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

RK mengakui namanya juga masuk bursa Pilkada Jakarta selain di Pilgub Jabar. Namun, hingga kini ia menyebut Koalisi Indonesia Maju (KIM) masih belum memutuskan sosok yang akan diusung di dua provinsi tersebut.

Menurutnya, kini KIM masih terus mendiskusikan dan melakukan kalkulasi politik sebelum akhirnya mengambil keputusan.

Ia pun menyatakan taat kepada keputusan partai politik dan KIM. RK pun berharap KIM bisa tetap bersama dalam menghadapi pilkada.

“Tapi kan kenyataannya di bawahnya itu tidak mudah membahasakan satu frekuensi ‘plek’ begitu,” ujar dia.

RK pun menegaskan hubungannya dengan Anies berjalan baik. Ia menyebut perihal perbedaan sikap di politik itu sangatlah lumrah.

“Saya dengan Pak Anies siapa pun itu kan sahabat ya, cuma pada saat perpolitikan kadang ada satu haluan kadang-kadang berpisah karena koalisi partainya kan begitu,” ucapnya.

Jelang Pilkada serentak 2024, RK masuk bursa cagub di Jakarta sekaligus Jawa Barat. Ia mengantongi dua surat penugasan dari partainya, Golkar untuk maju di dua provinsi tersebut. Namun, hingga kini belum diputuskan secara final RK akan maju di mana.

Golkar belakangan juga memunculkan sosok alternatif yakni, Jusuf Hamka alias Babah Alun untuk dimajukan di Pilkada Jakarta.

(mnf/pmg)

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA