Bisnis  

Bisnis Ritel Topang Pertumbuhan Bisnis Allianz Utama


Jakarta, CNN Indonesia

Seiring dengan menggeliatnya perekonomian dan meningkatnya daya beli masyarakat, industri asuransi umum menorehkan kinerja positif pada 2023. Hal ini didorong oleh meningkatnya kebutuhan akan asuransi, terutama untuk perjalanan bisnis dan wisata.

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), pendapatan premi asuransi umum mencapai Rp103,8 triliun sepanjang 2023, atau tumbuh 15,3% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp90,1 triliun.

Kinerja positif industri ini juga tercermin pada pencapaian PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama). Di mana Allianz Utama mencatatkan Gross Written Premium (GWP) sebesar Rp803,52 miliar, atau tumbuh 20,7% dibandingkan pada 2022.


Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia Sunadi mengatakan, pertumbuhan ini didorong tiga lini asuransi andalan. Pertama, asuransi properti yang memberikan kontribusi sebesar Rp251,41 miliar.

Kedua asuransi perjalanan sebesar Rp93,18 miliar, dan ketiga asuransi kendaraan bermotor sebesar Rp78,71 miliar. Hasil positif ini juga diikuti dengan peningkatan laba sebesar Rp16,99 miliar, meningkat 274% dari tahun sebelumnya.

“Fokus Allianz Utama pada segmen ritel merupakan salah satu bentuk komitmen kami untuk terus memenuhi kebutuhan proteksi nasabah yang beragam,” kata Sunadi dikutip Senin (24/6).

Sunadi melanjutkan, berkat komitmen dan dengan dukungan seluruh karyawan dan mitra bisnis, Allianz Utama berhasil terus bertumbuh di 2023. Untuk itu, pihaknya akan senantiasa berinovasi dan memberikan solusi serta layanan yang terbaik bagi nasabah.

“Hal ini sejalan dengan tujuan kami untuk melindungi lebih banyak lagi masyarakat Indonesia,” kata Sunadi.

Lebih lanjut, Sunadi menyampaikan, Allianz Utama terus mengembangkan bisnis ritel di Indonesia dalam upayanya memberikan proteksi yang terjangkau kepada masyarakat, dengan meningkatkan penetrasi melalui kanal-kanal distribusi yang dimiliki.

Di mana dalam hal keagenan, Allianz Utama telah menyediakan AZNet, digital sales tool untuk para agen yang dapat diakses kapan pun, di mana pun mereka berada selama 7×24 jam, sehingga dapat lebih mudah membantu nasabah dalam mendapatkan perlindungan asuransi.

“Hingga akhir tahun 2023, Allianz Utama memiliki lebih dari 6.000 mitra bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Allianz Utama juga memanfaatkan jalur distribusi affinity dengan mitra terpercaya, seperti bekerja sama dengan lebih dari 100 travel agent, sebagai salah satu strategi untuk memberikan perlindungan yang lebih luas dengan premi asuransi yang terjangkau.

Di sisi technical excellence, Allianz Utama akan tetap menjalankan bisnis secara selektif sesuai dengan prinsip kehati-hatian serta dengan mengacu kepada pedoman dan kebijakan Allianz Grup.

Allianz Utama juga menghitung risiko dengan kecukupan premi yang ada, sehingga dapat melakukan kewajiban untuk membayar klaim. Pada 2023 Allianz Utama membayarkan klaim sebesar Rp171,01 miliar.

Allianz Utama juga kuat secara finansial dengan rasio kecukupan modal atau Risk-Based Capital Ratio (RBC) 448%, yang jauh di atas ketentuan minimum yang ditetapkan regulator.

Sepanjang 2023 Allianz Utama melakukan serangkaian inovasi yang meliputi pengembangan produk asuransi perjalanan TravelPro untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan terbaru yang berlaku, dan peluncuran Claim Hub untuk asuransi perjalanan yang berfungsi sebagai layanan yang dapat memberikan proses klaim yang lebih cepat dan efektif untuk nasabah.

Adapun Claim Hub membantu para mitra bisnis memonitor dan memandu nasabah dalam hal klaim. Sejak diluncurkan, para mitra bisnis telah merasakan layanan yang lancar dan memudahkan proses klaim, khususnya untuk asuransi perjalanan.

“Kami tak henti melakukan peningkatan kualitas pada seluruh aspek, terutama pada area penunjang penjualan dan pelayanan nasabah,” ujarnya.

“Optimalisasi teknologi telah terbukti menjadi cara terbaik untuk menerapkan operasi secara paperless dan menyederhanakan proses operasional untuk kenyamanan nasabah dan mitra bisnis. Selain itu, kami juga terus meningkatkan perlindungan data nasabah sebagai bentuk komitmen kami menjaga kepercayaan nasabah kepada Allianz,” kata Sunadi.

Selain itu Allianz Utama juga melakukan pengembangan 50 proses robotik baru dan yang dapat membantu efisiensi dan efektivitas berbagai transaksi operasional, serta menambahkan fitur perpanjangan otomatis untuk beberapa produk pada agent portal.

Dengan fitur ini, nasabah dan mitra bisnis dapat melakukan perpanjangan otomatis tanpa memerlukan konfirmasi ulang perpanjangan polis setiap tahunnya. Pengembangan dari sisi digital ini tentunya dapat memudahkan mitra bisnis dalam hal pemasaran dan nasabah dalam pembelian produk asuransi.

“Berbagai upaya ini dilakukan untuk memenuhi tujuan Allianz untuk mengasuransikan lebih banyak orang Indonesia dengan cara mudah, praktis, dan aman,” katanya.



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Exit mobile version