Jakarta, CNN Indonesia —
PT Toyota Astra Motor (TAM) mengenalkan teknologi telematika terbaru dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Teknologi ini membuat pemilik mobil bisa mengakses segala informasi lewat head unit.
“Jadi telematik akan lebih banyak memberikan fitur baru,” kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi, di ICE BSD, Tangerang, Rabu (24/7).
Toyota menawarkan konsep fitur In-Car Wi-Fi Hotspot pada beberapa line-up mobilnya secara bertahap sampai dengan 2025. Sehingga, kendaraan dapat memancarkan jaringan internet.
Pelanggan dapat memanfaatkan teknologi canggih ini dalam dua kategori, yakni Out-of-Car Connectivity yang dapat diakses melalui T Intouch di aplikasi mToyota, serta In-Car Connectivity yang dapat diakses melalui Connected Head Unit dan Connected Rear Seat Entertainment di dalam mobil.
“Sejak beberapa tahun yang lalu kita meluncurkan T-intouch. Mungkin generasi pertama yang 1.0, jadi ini kita meluncurkan yang 2.0. Walaupun belum disematkan di mobil manapun tapi soon, dan tahun ini akan kita sematkan di mobil kita,” ujar Anton.
Anton melihat, pengguna saat ini tidak hanya mementingkan entertainment lebih di mobil. Seperti tidak hanya sekadar layar besar, carplay, android auto, tapi juga menginginkan hal-hal lain.
“Contohnya head unit baru ini kita berikan bisa memberikan message juga. Jadi two way communication,” ucap dia.
Improvement pada Out-of-Car Connectivity, pelanggan Toyota dapat mengaktifkan fitur Remote Immobilizer di aplikasi mToyota jika mobilnya hilang atau dicuri orang.
Saat fitur ini aktif setelah diverifikasi oleh Telematics Customer Care, secara otomatis akan menonaktifkan mobil pelanggan saat starter selanjutnya sehingga mobil tidak bisa dinyalakan.
Di samping itu Toyota juga berencana untuk memperkaya informasi mengenai kondisi kesehatan mobil melalui konsep fitur Vehicle Health Check melalui aplikasi mToyota.
Di dalam menu Vehicle Info pada mToyota, Toyota memberikan informasi aktual terkait kondisi komponen penting kendaraan seperti airbags, rem, power steering, dan tekanan udara ban.
Pada fitur In-Car Connectivity, pelanggan dapat menghubungi layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) melalui head unit di mobil jika dalam situasi darurat seperti mobil mogok atau kecelakaan.
Setelah pelanggan menekan tombol khusus di head unit, sistem akan menghubungkan dengan Toyota Concierge Service yang selanjutnya mengirimkan layanan ERA.
Selain head unit, Wifi Hotspot yang tersedia juga dapat diakses oleh Rear Seat Entertainment (RSE) untuk penumpang belakang sehingga dapat memanfaatkan fitur-fitur entertainment dan productivity.
Membuka akses langsung ke layanan multimedia dari pihak ketiga pada mobil Toyota, seperti streaming channel musik, film layar lebar terbaru, serta Online Karaoke seperti Smule
Sambil menikmati perjalanan, pelanggan tetap dapat terhubung dan terjaga produktivitasnya karena dapat memanfaatkan fitur online meeting seperti Zoom dan Teams.
“Ada conscius juga. Kita bisa contact, pertama mengenai emergency, yang kedua tergantung masyarakat Indonesia bsa kita kembangkan untuk booking sesuatu. Kemudian streaming karena mobil-mobil ke depannya semakin punya wi-fi independen,” jelasnya lagi.
Tidak kalah penting Toyota juga berencana akan mengembangkan fitur telematika yang bekerja sama dengan Jasa Marga. Nantinya pengguna dapat mengetahui informasi seputar kondisi di jalan tol.
“Misalnya kita mau jalan ke bogor, kita bisa cek dulu nih kamera-kamera yang ada di sekitar Jagorawi jalanannya seperti apa. Selain itu juga bisa cek saldo, kita bisa top up juga,” jelasnya lagi.
[Gambas:Video CNN]
(nzl/mik)
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA