Modus Penipuan Mobkas Pajero Sport, Nomor Mesin-Rangka Tak Akur


Tangerang, CNN Indonesia

Mitsubishi Indonesia mengungkap satu kasus dugaan penipuan yang dialami salah satu pengguna Pajero Sport. Mobil tersebut dibeli dalam kondisi bekas, namun belakangan diketahui nomor rangka dan mesinnya tidak sesuai.

Gabrianto Fajar Sanjaya, Head of Dealer Operational Quality Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menguraikan jika kejadian ini pertama terungkap pada 25 Juni 2024.

Ia bercerita kala itu ada satu konsumen yang membeli Pajero Sport bekas dari seorang pedagang. Saat hendak mendaftarkan mobilnya ke sistem Mitsubishi melalui aplikasi My Mitsubishi Motors ID (MMID), pemilik mengakui kesulitan lantaran ketidakcocokan antara data nomor rangka dan mesin.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hal tersebut menjadi tanya besar bagi Mitsubishi sehingga perusahaan perlu melakukan investigasi lebih lanjut.

Gabrianto tak mengungkap detail identitas korban maupun penjual. Tapi ia menyebut jika korban tinggal di wilayah Bogor, Jawa Barat, sedangkan dugaan kasus penipuan terjadi di daerah Serpong, Tangerang.

“Ini saya coba buka baru kejadian 25 juni kami visit ke customer. Jadi customer sempat komplain ke kami baru beli Pajero Sport, beli dari pedagang km 8.000 dia senang karena km rendah dan ingin daftar ke MMID, ternyata nomor rangka dan mesin enggak masuk,” kata Gabrianto di GIIAS 2024, ICE BSD.

“Dia komplain sama kami. Kami justru menimbulkan keanehan, kami investigasi,” ujarnya lagi.

Pihak Mitsubishi, lanjut dia menduga surat-surat dari Pajero Sport bekas yang ia beli bermasalah. Namun begitu, kata dia konsumen itu tetap dilayani ketika datang ke dealer resmi Mitsubishi.

“Kami visit ternyata setelah kami cek, jadi kayak ada case surat-suratnya bermasalah. Dia sebenarnya sempat ke dealer, dan dealer bilang datanya gak akur. Customer kemudian di-handle dulu aja, yang penting customer ditangani. Free service dilaksanakan tetap,” kata Gabrianto.

Ia mengatakan pengguna Pajero Sport tersebut akhirnya memilih untuk melaporkan ‘pedagang nakal’ itu ke polisi.

“Karena pendampingan yang kami lakukan, dealer mau nolongin, dia jadi merasa yakin dengan Mitsubishi. Akhirnya jadi loyal. Adiknya jadi beli Pajero Sport juga,” ucap dia.

Untuk diketahui, MMID adalah sebuah aplikasi yang menyimpan data konsumen hingga rekaman servis kendaraan. Aplikasi ini bisa diakses di ponsel.

[Gambas:Video CNN]

(ryh/mik)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA