Jakarta, CNN Indonesia —
Telkomsel mendeklarasikan MyTelkomsel sebagai aplikasi super alias super app dengan iming-iming memfasilitasi semua kebutuhan pengguna sehari-hari, mulai hiburan hingga perjalanan, tak sekadar urusan isi pulsa.
“MyTelkomsel super app, menawarkan fitur lengkap guna memenuhi kebutuhan gaya hidup digital pelanggan secara menyeluruh,” kata Direktur Utama Telkomsel Nugroho, dalam konferensi pers di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (17/7).
“Jadi enggak melulu soal konektivitas,” imbuhnya.
Pria yang akrab dipanggil Nugi ini mengungkap latar belakang menjadikan MyTelkomsel sebagai super app ini lantaran salah satunya karena faktor pengguna.
“Monthly active user aplikasi ini 46 juta, tapi daily-nya cuma 13 juta. Ini berarti kebutuhannya baru sebatas bayar tagihan, beli paket,” ucapnya.
“Berangkat dari kondisi itu kita ingin visi misi Telkomsel buat empowering Indonesia dengan memberikan kehidupan sehari-hari mencakup segala aspek kehidupan, mulai bangun pagi sampai pagi lg, ada di MyTelkomsel,” urai dia.
Sebelum jadi super app, MyTelkomsel lebih melayani pelanggan buat pembelian paket layanan komunikasinya, seperti Telkomsel Prabayar, Telkomsel Halo, IndiHome, Orbit, dan Telkomsel One.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng menjelaskan apa saja yang bisa dilakukan MyTelkomsel saat sudah jadi super app.
Pertama, fitur Health. Menurutnya, fitur ini juga memungkinkan pelanggan mencatat performa lari, termasuk waktu, jarak, kecepatan, kalori, dan denyut jantung, mengatur profil, serta mendapatkan ringkasan informasi tentang performa lari mereka.
Fitur Lari ini juga terdapat challenge untuk menyelesaikan misi lari tersebut. Walhasil, pelanggan tidak hanya mendapatkan kesehatan dan kebugaran, tapi juga bisa mendapatkan hadiah menarik.
“Habis lari dengan jarak tertentu, bisa dapet paket data 1 Giga,” imbuh Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel Nirwan Lesmana.
Kedua, fitur travel. Lewat MyTelkomsel, lanjut Derrick, pelanggan dapat memesan tiket pesawat, memeriksa status penerbangan, mendapatkan pengingat dan notifikasi detail penerbangan sebelum dan setelah keberangkatan.
Di samping itu ada informasi check-in online, boarding gate, dan delay atau keterlambatan pesawat.
“Bahkan bagasi ilang aja ketahuan, bagasi nyampe mana ketahuan,” Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit menambahkan.
Ketiga, fitur pembayaran parkir otomatis. Fitur ini membuat pelanggan tidak perlu repot membuka jendela dan mengambil karcis. Nirwan mengatakan saat ini penggunaannya memang hanya baru tersedia di beberapa lokasi tertentu, termasuk kantor Telkomsel.
“Fitur auto-gate ini secara ekosistem dan service sudah live, sudah bisa digunakan,” ucapnya.
“Tentu tinggal bagaimana Telkomsel memperluas ekosistemnya, melakukan pembicaraan dengan misalnya Secure Parking segala macam. Tinggal B2B-nya,” sambung dia.
Keempat, fitur payment dan commerce, yang berkolaborasi dengan berbagai platform e-commerce unggulan.
Ini membuat pelanggan mudah melakukan berbagai transaksi pembayaran, seperti BPJS Kesehatan dan tagihan listrik, pemesanan hotel, pembelian voucher belanja di lebih dari 100 brand, hingga belanja barang dari lebih dari 70 brand lokal.
Kelima, fitur entertainment. Ini merupakan hasil kerja sama Telkomsel dengan beberapa platform, seperti INFIA, MAXstream, Langit Musik, Noice, SEA Today, dan Vidio.
Pelanggan pun dapat menikmati beragam fitur hiburan mulai dari streaming video, mendengarkan musik dan podcast, membaca artikel, fitur gamifikasi untuk bermain mini games seperti Tahilalats Battle Royale, Kelaperun, Jelajah Nusantara, Stamp Berhadiah, dan game lainnya di Game Hub.
[Gambas:Video CNN]
(arh)
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA