Jakarta, CNN Indonesia —
OpenAI, perusahaan dibalik ChatGPT, mengumumkan tengah menguji mesin pencari yang menggunakan kecerdasan buatan (AI).
Perusahaan sedang menguji SearchGPT, mesin pencari yang akan menggabungkan teknologi AI dengan informasi real-time dari web untuk memungkinkan orang mencari informasi dengan cara yang sama seperti mereka berbicara dengan ChatGPT.
“Kami sedang menguji SearchGPT, sebuah prototipe sementara dari fitur pencarian AI baru yang memberikan jawaban yang cepat dan tepat waktu dengan sumber yang jelas dan relevan,” kata perusahaan dalam keterangan di blog resminya, dikutip Jumat (26/7).
Walau masih dalam tahap uji coba untuk sejumlah pengguna, OpenAI mengaku berencana untuk mengintegrasikan alat tersebut ke dalam ChatGPT nantinya.
Melansir CNN, dengan fitur baru ini, OpenAI akan bersaing secara langsung dengan Google, yang telah lama mendominasi mesin pencarian lewat Google Search.
Selain itu, SearchGPT juga bakal menjadi ancaman bagi Bing milik Microsoft, yang tahun lalu turut menggabungkan teknologi OpenAI untuk bersaing dengan Google.
Dengan SearchGPT, pengguna dapat mengajukan pertanyaan dalam bahasa yang sama seperti saat mereka berbicara dengan ChatGPT. Pengguna juga akan mendapat jawaban yang bisa mereka tindak lanjuti dengan pertanyaan tambahan.
Namun, tidak seperti ChatGPT, yang sering kali bergantung pada data lama untuk menghasilkan jawabannya, SearchGPT akan memberikan informasi terkini, dengan tautan online sumber yang jelas dan relevan.
Dalam sebuah video demo yang dibagikan perusahaan, SearchGPT menjawab pertanyaan tentang “tomat terbaik untuk ditanam di Minnesota” dengan informasi tentang varietas tomat, serta tautan ke situs-situs seperti “The Garden Magazine” dan “The Gardening Dad.”
Alat ini juga akan menampilkan sidebar dengan tautan tambahan ke informasi yang relevan – tidak sama sekali berbeda dengan sepuluh tautan biru yang biasa dilihat pengguna di halaman hasil Google Search.
“Mendapatkan jawaban di web bisa membutuhkan banyak usaha, seringkali membutuhkan beberapa kali percobaan untuk mendapatkan hasil yang relevan,” kata perusahaan.
“Kami percaya bahwa dengan meningkatkan kemampuan percakapan model kami dengan informasi real-time dari web, menemukan apa yang Anda cari dapat menjadi lebih cepat dan lebih mudah,” lanjut perusahaan.
Menurut data dari perusahaan analisis internet DemanSage, Google Search saat ini masih mendominasi pasar mesin pencari selama bertahun-tahun, dengan pangsa lebih dari 90 persen.
Artinya, 9 dari 10 orang di seluruh dunia lebih suka memakai Google Search daripada mesin pencari lainnya.
Google memproses 8,5 miliar pencarian setiap hari; itu berarti 99.000 pencarian per detik dan 2 triliun pencarian setiap tahun.
Perusahaan menyebut Google membutuhkan waktu rata-rata 36 detik untuk memproses pertanyaan dan memberikan hasil.
[Gambas:Video CNN]
(tim/dmi)
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA