Pakar ITB Ungkap Manasin Mobil Cukup 1 Menit, Selebihnya Mitos


Jakarta, CNN Indonesia

Pakar Otomotif dari Universitas Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu mengatakan memanaskan mesin mobil cuma butuh waktu paling lama 1 menit.

Kebiasaan memanaskan mesin mobil dengan waktu yang lama masih sering dilakukan oleh banyak pemilik kendaraan di Indonesia. Ada kepercayaan bahwa tindakan tersebut dapat meningkatkan performa mesin dan memperpanjang umur kendaraan.

“Mitos seputar perawatan mobil yang masih banyak dipercayai dan dilakukan oleh pemilik mobil di Indonesia yakni anggapan bahwa memanaskan mesin mobil dalam waktu lama setiap pagi dapat memperpanjang usia mesin, padahal teknologi mesin modern tidak memerlukan pemanasan yang lama,” kata dia, dikutip dari Antara, Sabtu (6/7).

Dengan teknologi mesin modern saat ini, Yannes menyebut mobil hanya memerlukan waktu pemanasan yang singkat, biasanya sekitar 30 detik hingga 1 menit, sebelum siap digunakan.

“Memanaskan mobil modern hanya membutuhkan waktu sekitar 30 detik hingga 1 menit. Ini cukup untuk memastikan oli mesin bersirkulasi ke seluruh bagian mesin,” jelasnya.

“Setelah dipanaskan, disarankan untuk mulai berkendara dengan lembut. Ini membantu mesin mencapai suhu kerja optimal lebih cepat dibandingkan dengan hanya diam memanaskan,” lanjut Yannes.

Untuk mobil dengan usia tua, sekitar pabrikan 1990-an, dia menyebut itu memang perlu dipanaskan dengan waktu yang lebih lama, meski cuma sekitar 3 hingga 5 menit, karena mesin yang belum seefisien mobil modern.

Mesin keluaran tersebut umumnya masih menggunakan non-injektor, sehingga waktu pemanasan tersebut cukup untuk memastikan suhu telah naik ke tingkat aman sebelum digunakan berkendara.

Memanaskan mobil terlalu lama, kata dia, justru dapat menyebabkan pemborosan bahan bakar dan emisi gas buang yang tidak perlu, serta tidak memberikan manfaat signifikan bagi mesin.

“Memanaskan mobil terlalu lama menghabiskan bahan bakar tanpa memberikan manfaat tambahan,” kata pengajar dengan Kelompok Keahlian Manusia dan Desain Produk Industri di Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB itu.

“Lalu, gas buang yang dihasilkan saat memanaskan mobil mengandung uap air, jika terlalu lama dipanaskan tanpa bergerak, uap air ini dapat berkumpul di pipa knalpot dan mempercepat proses pembentukan karat,” tandas Yannes.



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA